LAPORAN PRAKTIKUM I
PEMROGRAMAN VISUAL
“TIPE DATA, VARIABEL, PERULANGAN DAN
PERCABANGAN”
I.
Tujuan Praktikum
Tujuan praktikum yang berjudul “Tipe Data,
Variabel, Percabangan dan Perulangan” ini adalah praktikan dapat mengenal apa
saja tipe data, yang biasa digunakan
dalam pemrograman C#. Praktikan dapat mengetahui bagaimana cara mendeklarasikan
variabel. Praktikan dapat mengetahui apa fungsi dari percabangan dan perulangan
pada bahasa C#. Praktikan juga dapat mengimplementasikan tipe data, variabel,
percabangan dan perulangan ke dalam program.
II.
Deskripsi Program
Pada praktikum dengan judul Tipe Data, Variabel,
Percabangan dan Perulangan ini saya membuat program untuk menghitung Persegi
Panjang. Program ini dibuat dengan nama Persegi Panjang, karena pada program
ini terdapat rumus dan perhitungan Keliling dan Luas Persegi Panjang. Pada
program ini terdapat satu Form sebagai background program. Terdapat juga
beberapa Toolbox yaitu Radio Button, Label, Text Box, Button, Rich Text Box dan
Picture Box.
Ketika program ini dijalankan akan ada Radio
Button untuk memilih menghitung Keliling atau Luas. Selanjutnya ada 2 Text Box
yang dapat digunakan user untuk menginputkan Panjang dan Lebar, disamping Text
Box itu ada juga 2 buah Text Box yang saya beri text Panjang dan Lebar, itu
saya gunakan untuk menunjukkan bahwa Text Box di sampingnya merupakan tempat
inputtan, Text Box itu tidak bisa dirubah isinya karena saya buat hanya untuk
di baca. Setelah memasukkan Panjang dan Lebar user bisa menggunakan Button
Hasil untuk melihat hasil dari perhitungan. Hasil perhitungan akan tampil pada
Text Box di bawah inputan, disamping Text Box hasil juga saya berikan Text Box
yang hanya bisa dibaca juga, pada Text Box ini jika user memilih Keliling pada
Radio Button maka akan tampil text Keliling, begitu juga dengan luas. Jika
sudah di tekan Button Hasil pada Picture Box yang terdapat foto Persegi Panjang
sudah diletakkan Label yang mana label digunakan untuk menampilkan yang mana
panjang dan lebar serta terdapat tampilan nilainya yang telah diinputkan oleh
user.
III.
Interface Program
A.
Form 1
Keterangan Interface
|
||
No
|
Nama Komponen
|
Variabel Komponen
|
1
|
Label
|
lblPersegiPanjang
|
2
|
RadioButton
|
rbKel
|
3
|
RichTextBox
|
rtbRumus
|
4
|
RichTextBox
|
rtbKet
|
5
|
TextBox
|
tbTPanjang
|
6
|
TextBox
|
tbTLebar
|
7
|
TextBox
|
tbPanjang
|
8
|
TextBox
|
tbLebar
|
9
|
Button
|
btnHitung
|
10
|
TextBox
|
tbHasil1
|
11
|
TextBox
|
tbHasil
|
12
|
PictureBox
|
pbGambar
|
13
|
Label
|
lblLp
|
14
|
Label
|
lblPp
|
15
|
Button
|
btnHapus
|
16
|
RadioButton
|
rbL
|
IV.
Coding Program
Nama Class
|
Nama Method
|
Source Code
|
Form1
|
-
|
-
|
Class Form1
|
||
Variable Komponen
|
Event
|
Source Code
|
btnHitung
|
Click
|
private void
btnHitung_Click(object sender, EventArgs e)
{
int p, l;
p =
Convert.ToInt16(tbPanjang.Text);
l = Convert.ToInt16(tbLebar.Text);
if (rbKel.Checked == true)
{
tbHasil.Text = (2 * (p +
l)).ToString();
tbHasil1.Text =
"Keliling";
}
if (rbL.Checked == true)
{
tbHasil.Text = (p *
l).ToString();
tbHasil1.Text =
"Luas";
}
lblLp.Text = "l = " +
tbLebar.Text;
lblPp.Text = "p = " +
tbPanjang.Text;
}
//untuk melakukan perhitungan persegi panjang dan untuk menampilkan
hasilnya
|
btnHapus
|
Click
|
private void
btnHapus_Click(object sender, EventArgs e)
{
tbLebar.Clear();
tbPanjang.Clear();
tbHasil.Clear();
tbHasil.Text = "";
lblLp.Text = "l";
lblPp.Text = "p";
}
//untuk menghapus semua yang diinputkan dan semua hasil dari perhitungan
|
tbPanjang
|
KeyPress
|
private void
tbPanjang_KeyPress(object sender, KeyPressEventArgs e)
{
if (char.IsDigit(e.KeyChar) ==
false && (int)e.KeyChar != (int)Keys.Back)
{
e.Handled = true;
}
}
//untuk membuat text box inputan panjang hanya bisa diinputkan angka
|
tbLebar
|
KeyPress
|
private void
tbLebar_KeyPress(object sender, KeyPressEventArgs e)
{
if (char.IsDigit(e.KeyChar) ==
false && (int)e.KeyChar != (int)Keys.Back)
{
e.Handled = true;
}
}
//untuk membuat text box inputan lebar hanya bisa diinputkan angka
|
V.
Output

(Gambar 5.1 Tampilan Awal Program)

(Gambar 5.2 Input Panjang dan Lebar)

(Gambar 5.3 Hasil Dari Keliling Persegi Panjang)

(Gambar 5.4 Hasil dari Luas Persegi Panjang)

(Gambar 5.5 Tampilang ketika ditekan tombol Hapus)
0 Comments