C# atau dapat di baca C Sharp, adalah salah satu bahasa pemrograman yang
di kembangkan oleh Microsoft. Pemrograman C# sendiri dibangun dari basis
pemrograman C++ dengan mendapat pengaruh berupa fitur-fitur yang terdapat di
dalam bahasa pemrograman lainnya seperti : Delphi, Java dan juga Visual Basic.
Anderls Helsberg di rekrut oleh Microsoft untuk mengembangkan
bahasa ini dan pada tahun 2000 C# pertama kali di perkenalkan. Pemrograman
C# ini sangat bergantung dari framework .Net, sehingga sebelum menginstal
applikasi yang kita bangun menggunakan visual C#, kita perlu menginstal .Net
Framework. C# tidak hanya bisa di jalankan di Windows namun juga dapat di
Install di Linux dengan menggunakan Mono. Selain itu juga terdapat IDE
alternatif yang dapat kita gunakan di windows yaitu SharpDevelop.
Mengapa Mempergunakan C#?
Pertanyaan di atas mungkin muncul di benak kita
semua pada saat pertama kali mendengar tentang C#. Hal tersebut sangat
beralasan, dengan melihat kenyataan bahwa sebelum C# muncul, telah banyak
bahasa pemrograman yang ada, seperti C, C++, Java, Perl dan lain-lain.
Ada beberapa alasan kenapa memilih C#, yaitu :
1. Sederhana (simple)
C# menghilangkan beberapa hal yang bersifat
kompleks yang terdapat dalam beberapa macam bahasa pemrograman seperti
Java dan C++, termasuk diantaranya mengilangkan macro, templates, multiple
inheritance dan virtual base classes. Hal hal tersebut yang dapat
menyebabkan kebingungan pada saat menggunakannya, dan juga berpotensial
dapat menjadi masalah bagi para programmer C++. Jika anda pertama kali
belajar bahasa C# sebagai bahasa pemrograman, maka hal-hal tersebut diatas
tidak akan membuat waktu anda terbuang terlalu banyak untuk
mempelajarinya. C# bersifat sederhana, karena bahasa ini didasarkan kepada
bahasa C dan C++. Jika anda familiar dengan C dan C++ atau bahkan Java,
anda akan menemukan aspekaspek yang begitu familiar, seperti statements,
expression, operators, dan beberapa fungsi yang diadopsi langsung dari
Java, C dan C++, tetapi dengan berbagai perbaikan yang membuat bahasanya
menjadi lebih sederhana. Perhatikan Gambar 1 yang merupakan komposisi
bahasa yang terdapat dalam C# sehingga kita tidak perlu takut lagi untuk
mempelajari C#.
2. Modern
Apa yang membuat C# menjadi suatu bahasa
pemrograman yang modern?
Jawabannya adalah adanya beberapa fitur seperti exception handling, garbage collection, extensible data types, dan code security (keamanan kode/bahasa pemrograman). Dengan adanya fitur-fitur tersebut, menjadikan bahasa C# sebagai bahasa pemrograman yang modern.
Jawabannya adalah adanya beberapa fitur seperti exception handling, garbage collection, extensible data types, dan code security (keamanan kode/bahasa pemrograman). Dengan adanya fitur-fitur tersebut, menjadikan bahasa C# sebagai bahasa pemrograman yang modern.
3. Object-Oriented Language
Kunci dari bahasa pemrograman yang bersifat
Object Oriented adalah encapsulation, inheritance, dan polymorphism.
Secara sederhana, istilah-istilah tersebut bisa didefinisikan sebagai berikut
(definisi dan penjelasan lebih lanjut akan di uraikan pada bab-bab
selanjutnya). encapsulation, dimana semua fungsi ditempatkan dalam satu
paket (single package). inheritance, adalah suatu cara yang terstruktur
dari suatu kode-kode pemrograman dan fungsi untuk menjadi sebuat program baru
dan berbentuk suatu paket. Polymorphism, adalah kemampuan untuk mengadaptasi
apa yang diperlukan untuk dikerjakan. Sifat-sifat tersebut di atas,
telah di miliki oleh C# sehingga bahasa C# merupakan bahasa yang bersifat
Object Oriented.
4. Powerfull dan fleksibel
C# bisa digunakan untuk membuat berbagai macam
aplikasi, seperti aplikasi pengolah kata, grafik, spreadsheets, atau
bahkan membuat kompiler untuk sebuah bahasa permrograman.
5. Efisien
C# adalah bahasa pemrograman yang menggunakan
jumlah kata-kata yang tidak terlalu banyak. C# hanya berisi kata-kata yang
biasa disebut dengan keywords. Keywords ini digunakan untuk menjelaskan
berbagai macam informasi. Jika anda berpikiran bahwa bahasa pemrograman
yang menggunakan sangat banyak kata-kata (keywords) akan lebih powerfull,
maka jawabannya adalah “pemikiran itu tidak selalu benar”, karena hal itu
justru bisa menambah kerumitan para developer pada saat membuat suatu
aplikasi.
6. Modular
Kode C# ditulis dengan pembagian masing
Class-Class (classes) yang terdiri dari beberapa routines yang disebut
sebagai member methods. Class-Class dan metodemetode ini dapat digunakan
kembali oleh program atau aplikasi lain. Hanya dengan memberikan informasi
yang dibutuhkan oleh Class dan metode yang dimaksud, maka kita akan dapat
membuat suata kode yang dapat digunakan oleh satu atau beberapa aplikasi
dan program (reusable code).
7. C# akan menjadi populer
Dengan dukungan penuh dari Microsoft yang akan
mengeluarkan produk-produk utamanya dengan dukungan Framework .NET, maka
masa depan bahasa C# sebagai salah satu bahasa pemrograman yang ada di
dalam lingkungan Framework.
Struktur Program atau Kode pada C
Bahasa pemrograman di bangun untuk tujuan General Purpose, selain
itu sederhana dan mudah untuk di pelajari. Untuk mempelajarinya Microsoft
menyediakan versi free Visual C# Express Edition yang dapat kita unduh dari
website microsoft. Dalam pemrograman C# (mungkin juga berlaku untuk beberapa
pemrograman lainnya) memiliki 5 struktur dasar yang harus diingat yaitu,
1. Resource atau library
Struktur pertama ini merupakan pendefinisian library apa yang harus ada
pada program kita atau library apa yang kita impor.
2. Namespace
Struktur kedua ini adalah nama dari project kita.
3. Nama Class
Struktur ketiga ini berbicara tentang apa nama dari Class yang kita buat
dan bisa juga langsung diberi penanda seperti
Main
Class
yang menandakan bahwa Class tersebut Class utama.
4. Deklarasi Method
Struktur keempat ini merupakan pendeklarasian method sebagai awalan
untuk menjalankan method atau perintah yang ada di dalamnya, jika didefinisikan
dengan "Main" maka method tersebut yang dijalankan pertama kali oleh compiler.
5. Method atau Command
Struktur kelima adalah method atau perintah yang kita berikan untuk di
eksekusi oleh compiler.
Memulai menulis program C#
Dalam menulis
suatu program C# selalu ingat lima struktur dasar diatas, karena bila ada salah
satu struktur yang tidak ada maka kemungkinan besar terjadi error pada program
kita, namun untuk struktur kedua biasanya setiap IDE akan otomatis
menambahkannya pada kode kita. Sebelumya kita telah membuat program hello
world, jika program tersebut kita run pasti akan keluar dan menutup dengan
cepat, agar tidak langsung menutup kita perlu tambahkan perintah ReadKey, sehingga kode program tersebut menjadi;
using System;
namespace BelajarCSHARP
{
class programHW
{
static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine("Hello World!");
Console.Write("Press any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}
}
Untuk mengetahui
hasilnya silahkan dicoba sendiri (biar penasaran hehe). Selanjutnya kita coba
membuat program dasar yang sederhana lagi yaitu "Program Yang Meminta
Input". Dalam C# untuk memberikan perintah agar program mau menerima input
digunakan perintah tipe data |variabel=Console.ReadLine() , langsung saja berikut merupakan contoh kodenya.
using System;
namespace BelajarCSHARP
{
class programHW
{
static void Main(string[] args)
{
Console.Write("Nama kamu siapa ? ");
string nama = Console.ReadLine();
Console. WriteLine("Nama kamu "+nama);
Console.Write("Press any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}
}
Sebelum
menjalaskan kode diatas mari kita belajar memberikan komentar pada program C#
terlebih dahulu, untuk memberikan komentar bisa dengan tanda "//" untuk satu baris komentar atau "/* ....*/" untuk beberapa baris komentar, berikut contohnya beserta
penjelasan kode,
// import library harus ditulis dibawah ini
using System;
// Dibawah ini adalah nama proyek atau solution kamu
namespace BelajarCSHARP
{
// Dibawah ini kelas kamu yang bernama "programHW" didefinisikan
class programHW
{
// Dibawah ini adalah deklarasi awal method, bahwa method dibawahnya atau didalamnya dimulai dari deklarasi ini.
static void Main(string[] args)
{
/* Dibawah ini adalah perintah untuk menampilkan pertanyaan, jadi segala sesuatu dalam C# yang berhubungan dengan menampilkan, pasti ada hubungannya dengan perintah Console.Write/WriteLine() */
Console.Write("Nama kamu siapa ? ");
/* Dibawah ini adalah perintah untuk meminta input. "string" adalah tipe data yang berupa teks (pembahasan tipe data akan dijelaskan nanti), "nama" adalah variabel dan variabel ini bebas kamu buat dengan nama apapun namun ada ketentuan yang nanti akan dibahas, kemudian selanjutnya adalah perintah inti meminta input*/
string nama = Console.ReadLine();
/*Dibawah ini adalah perintah untuk menampilkan program dimana diberi tanda "+" untuk menambahkan isi variabel yang akan ditampilkan*/
Console.WriteLine("Nama kamu "+nama);
//Dibawah ini adalah perintah agar program tidak langsung menutup
Console.Write("Press any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}
}
Referensi :
0 Comments