Pemrograman Visual Menggunakan C#

C# atau dapat di baca C Sharp, adalah salah satu bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh Microsoft. Pemrograman C# sendiri dibangun dari basis pemrograman C++ dengan mendapat pengaruh berupa fitur-fitur yang terdapat di dalam bahasa pemrograman lainnya seperti : Delphi, Java dan juga Visual Basic.

Anderls Helsberg di rekrut  oleh Microsoft untuk mengembangkan bahasa ini dan pada tahun 2000 C# pertama kali di perkenalkan. Pemrograman C# ini sangat bergantung dari framework .Net, sehingga sebelum menginstal applikasi yang kita bangun menggunakan visual C#, kita perlu menginstal .Net Framework. C# tidak hanya bisa di jalankan di Windows namun juga dapat di Install di Linux dengan menggunakan Mono. Selain itu juga terdapat IDE alternatif yang dapat kita gunakan di windows yaitu SharpDevelop.

Mengapa Mempergunakan C#?

Pertanyaan di atas mungkin muncul di benak kita semua pada saat pertama kali mendengar tentang C#. Hal tersebut sangat beralasan, dengan melihat kenyataan bahwa sebelum C# muncul, telah banyak bahasa pemrograman yang ada, seperti C, C++, Java, Perl dan lain-lain.
Ada beberapa alasan kenapa memilih C#, yaitu :

1.  Sederhana (simple)
C# menghilangkan beberapa hal yang bersifat kompleks yang terdapat dalam beberapa macam bahasa pemrograman seperti Java dan C++, termasuk diantaranya mengilangkan macro, templates, multiple inheritance dan virtual base classes. Hal hal tersebut yang dapat menyebabkan kebingungan pada saat menggunakannya, dan juga berpotensial dapat menjadi masalah bagi para programmer C++. Jika anda pertama kali belajar bahasa C# sebagai bahasa pemrograman, maka hal-hal tersebut diatas tidak akan membuat waktu anda terbuang terlalu banyak untuk mempelajarinya. C# bersifat sederhana, karena bahasa ini didasarkan kepada bahasa C dan C++. Jika anda familiar dengan C dan C++ atau bahkan Java, anda akan menemukan aspekaspek yang begitu familiar, seperti statements, expression, operators, dan beberapa fungsi yang diadopsi langsung dari Java, C dan C++, tetapi dengan berbagai perbaikan yang membuat bahasanya menjadi lebih sederhana. Perhatikan Gambar 1 yang merupakan komposisi bahasa yang terdapat dalam C# sehingga kita tidak perlu takut lagi untuk mempelajari C#.

2.  Modern
Apa yang membuat C# menjadi suatu bahasa pemrograman yang modern?
Jawabannya adalah adanya beberapa fitur seperti exception handling, garbage collection, extensible data types, dan code security (keamanan kode/bahasa pemrograman). Dengan adanya fitur-fitur tersebut, menjadikan bahasa C# sebagai bahasa pemrograman yang modern.

3.  Object-Oriented Language
Kunci dari bahasa pemrograman yang bersifat Object Oriented adalah encapsulation, inheritance, dan polymorphism. Secara sederhana, istilah-istilah tersebut bisa didefinisikan sebagai berikut (definisi dan penjelasan lebih lanjut akan di uraikan pada bab-bab selanjutnya). encapsulation, dimana semua fungsi ditempatkan dalam satu paket (single package). inheritance, adalah suatu cara yang terstruktur dari suatu kode-kode pemrograman dan fungsi untuk menjadi sebuat program baru dan berbentuk suatu paket. Polymorphism, adalah kemampuan untuk mengadaptasi apa yang diperlukan untuk dikerjakan. Sifat-sifat tersebut di atas, telah di miliki oleh C# sehingga bahasa C# merupakan bahasa yang bersifat Object Oriented.

4.  Powerfull dan fleksibel
C# bisa digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi, seperti aplikasi pengolah kata, grafik, spreadsheets, atau bahkan membuat kompiler untuk sebuah bahasa permrograman.

5.   Efisien
C# adalah bahasa pemrograman yang menggunakan jumlah kata-kata yang tidak terlalu banyak. C# hanya berisi kata-kata yang biasa disebut dengan keywords. Keywords ini digunakan untuk menjelaskan berbagai macam informasi. Jika anda berpikiran bahwa bahasa pemrograman yang menggunakan sangat banyak kata-kata (keywords) akan lebih powerfull, maka jawabannya adalah “pemikiran itu tidak selalu benar”, karena hal itu justru bisa menambah kerumitan para developer pada saat membuat suatu aplikasi.

6.  Modular
Kode C# ditulis dengan pembagian masing Class-Class (classes) yang terdiri dari beberapa routines yang disebut sebagai member methods. Class-Class dan metodemetode ini dapat digunakan kembali oleh program atau aplikasi lain. Hanya dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Class dan metode yang dimaksud, maka kita akan dapat membuat suata kode yang dapat digunakan oleh satu atau beberapa aplikasi dan program (reusable code).

7.  C# akan menjadi populer
Dengan dukungan penuh dari Microsoft yang akan mengeluarkan produk-produk utamanya dengan dukungan Framework .NET, maka masa depan bahasa C# sebagai salah satu bahasa pemrograman yang ada di dalam lingkungan Framework.


Struktur Program atau Kode pada C

Bahasa pemrograman di bangun untuk tujuan General Purpose, selain itu  sederhana dan mudah untuk di pelajari. Untuk mempelajarinya Microsoft menyediakan versi free Visual C# Express Edition yang dapat kita unduh dari website microsoft. Dalam pemrograman C# (mungkin juga berlaku untuk beberapa pemrograman lainnya) memiliki 5 struktur dasar yang harus diingat yaitu,

1.  Resource atau library
Struktur pertama ini merupakan pendefinisian library apa yang harus ada pada program kita atau library apa yang kita impor.

2.  Namespace
Struktur kedua ini adalah nama dari project kita.

3.  Nama Class
Struktur ketiga ini berbicara tentang apa nama dari Class yang kita buat dan bisa juga langsung diberi penanda seperti Main Class yang menandakan bahwa Class tersebut Class utama.

4.  Deklarasi Method
Struktur keempat ini merupakan pendeklarasian method sebagai awalan untuk menjalankan method atau perintah yang ada di dalamnya, jika didefinisikan dengan "Main" maka method tersebut yang dijalankan pertama kali oleh compiler.

5.  Method atau Command
Struktur kelima adalah method atau perintah yang kita berikan untuk di eksekusi oleh compiler.


Memulai menulis program C#

Dalam menulis suatu program C# selalu ingat lima struktur dasar diatas, karena bila ada salah satu struktur yang tidak ada maka kemungkinan besar terjadi error pada program kita, namun untuk struktur kedua biasanya setiap IDE akan otomatis menambahkannya pada kode kita. Sebelumya kita telah membuat program hello world, jika program tersebut kita run pasti akan keluar dan menutup dengan cepat, agar tidak langsung menutup kita perlu tambahkan perintah ReadKey, sehingga kode program tersebut menjadi;

using System;

namespace BelajarCSHARP
{
 class programHW
 {
  static void Main(string[] args)
  {
   Console.WriteLine("Hello World!");  
  
   Console.Write("Press any key to continue . . . ");
      Console.ReadKey(true);
   }
 }
}
Untuk mengetahui hasilnya silahkan dicoba sendiri (biar penasaran hehe). Selanjutnya kita coba membuat program dasar yang sederhana lagi yaitu "Program Yang Meminta Input". Dalam C# untuk memberikan perintah agar program mau menerima input digunakan perintah tipe data |variabel=Console.ReadLine() , langsung saja berikut merupakan contoh kodenya.

using System;

namespace BelajarCSHARP
{
 class programHW
 {
  static void Main(string[] args)
  {
   Console.Write("Nama kamu siapa ? ");
  
  string nama = Console.ReadLine();
   Console. WriteLine("Nama kamu "+nama);
  
   Console.Write("Press any key to continue . . . ");
      Console.ReadKey(true);
   }
 }
}
Sebelum menjalaskan kode diatas mari kita belajar memberikan komentar pada program C# terlebih dahulu, untuk memberikan komentar bisa dengan tanda "//" untuk satu baris komentar atau "/* ....*/" untuk beberapa baris komentar, berikut contohnya beserta penjelasan kode,

// import library harus ditulis dibawah ini
 using System;

// Dibawah ini adalah nama proyek atau solution kamu

  namespace BelajarCSHARP
{
// Dibawah ini kelas kamu yang bernama "programHW" didefinisikan
 
  class programHW
 {
// Dibawah ini adalah deklarasi awal method, bahwa method dibawahnya atau didalamnya dimulai dari deklarasi ini.
  
  static void Main(string[] args)
  {
 
/* Dibawah ini adalah perintah untuk menampilkan pertanyaan, jadi segala sesuatu dalam C# yang berhubungan dengan menampilkan, pasti ada hubungannya dengan perintah Console.Write/WriteLine() */
  
  Console.Write("Nama kamu siapa ? ");

/* Dibawah ini adalah perintah untuk meminta input. "string" adalah tipe data yang berupa teks (pembahasan tipe data akan dijelaskan nanti), "nama" adalah variabel dan variabel ini bebas kamu buat dengan nama apapun namun ada ketentuan yang nanti akan dibahas, kemudian selanjutnya adalah perintah inti meminta input*/

  string nama = Console.ReadLine();
  
/*Dibawah ini adalah perintah untuk menampilkan program dimana diberi tanda "+" untuk menambahkan isi variabel yang akan ditampilkan*/

  Console.WriteLine("Nama kamu "+nama);
   
//Dibawah ini adalah perintah agar program tidak langsung menutup
   
  Console.Write("Press any key to continue . . . ");
 Console.ReadKey(true);
   }
 }
}

Referensi :

Post a Comment

0 Comments